Minggu, 27 November 2016

Laporan kunjungan Studi


Laporan Kunjungan Studi ke Pt.Telkom Indonesia Tegal


MAKALAH
Diajukan untuk memenuhi tugas

Di susun Oleh :
Nadya Rivka Faudzilla            (13150954)

Program Studi Teknik Komputer
Akademi Manajemen Informatika dan Komputer BSI Tegal
Tegal
2016




Kata pengantar
Puji syukur kehadiat Tuhan Yang Maha Esa berkat rahmat dan karuniaNya kami bisa menyelesaikan Laporan ini dengan baik dan tepat waktu.Saya menyadari laporan ini jauh dari sempurna.Maka dari itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak demi kesempurnaan nya laporan ini.
Berkaitan dengan pembuatan laporan ini Saya juga mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang membantu dalam penyusunan laporan ini,
Demikian kata pengantar ini saya buat, semoga dapat bermanfaat khususnya bagi diri pribadi dan pembaca pada umumnya.


DAFTAR ISI
Bab 1 Pendahuluan
            Tujuan
            Manfaat
Bab 2 Pelaksanaan
Waktu Pelaksanaan
Rundown Acara
Materi Kunjungan
Dokumentasi
Bab 3 Penutup
            Kesimpulan
            Saran 
 
BAB 1
PENDAHULUAN
Tujuan
Kegiatan kunjungan studi ini diadakan betujuan untuk mengenalkan tentang Pt.Telkom kepada Mahasiswa
Manfaat
1.      Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menanmbah wawasan pengetahuan mahasiswa tentang teknologi yang digunakan di Pt.Telkom.
2.      Dengan diadakannya Kunjungan studi  seperti ini mahasiswa diharapkan dapat berfikir maju, kreatif, dan efisien

BAB 2
PELAKSANAAN
Waktu Pelaksanaan
Kegiatan ini dilaksanakan pada
hari                  :           Selasa 
tanggal            :           22 November 2016
waktu              :           08.00-selesai
tempat             :           Kantor Telkom Indonesia Jl.Gajah mada 65 Tegal
Rundown acara
08.00               mahasiswa datang di kampus AMIK BSI Tegal
08.30               Mahasiswa mendapatkan pengarahan dari dosen pembimbing
08.30               menuju Telkom Indonesia
09.00               Sampai di Telkom Indonesia
09.15               Pembukaan Acara
                        Sambutan –Sambutan
                        1.Warjiyono S.kom M.kom (AMIK BSI Tegal)
                        2.Arif Setiyabudi (Telkom Indonesia)
09.30               materi Kunjungan
                        Pengisi materi
1.Arif Setiyabudi (Telkom Indonesia)
2.Erid Ardian (Telkomsel)
11.00   Sesi tanya Jawab
11.30 Penutup

Materi Kunjungan

Pembicara 1 : Arif Setiyabudi ( Telkom Indonesia)
Materi :
Pt.Telekomunikasi Indonesia Tbk atau yang biasa disebut Telkom Saja adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia.Telkom mengklaim sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di indonesia,dengan pelanggan telepon tetap sebanyak 15 juta dan pelanggan telepon seluler sebanyak 104 juta.
Telkom merupakan salah satu BUMN yang saham terbesarnya saat ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia.telkom melayanii jutaan pelanggan di seluruh Indonesia dengan rangkaian layanan telekomunikasi yang lengkap yang mencakup sambungan kabel tidak bergerak,komunikasi seluler,layanan jaringan dan interkoneksi serta layanan internet dan komunikasi data.telkom juga menyediakan berbagai layanan di bidang informasi,media dan edutainment,termasuk cloud-based and server-based dan IT enabler,e-comerce dan layanan portal lainya.
Berikut penjelasan portofolio bisnis Telkom :
Telecommunication
Telekomunikasi merupakan bagian bisnis legacy Telkom. Sebagai ikon bisnis perusahaan, Telkom melayani sambungan telepon kabel tidak bergerak Plain Ordinary Telephone Service (POTS), telepon nirkabel tidak bergerak, layanan komunikasi data,broadband,satelit, penyewaan jaringan dan interkoneksi, serta telepon seluler yang dilayani oleh Anak Perusahaan Telkomsel. Layanan telekomunikasi Telkom telah menjangkau beragam segmen pasar mulai dari pelanggan individu sampai dengan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta korporasi.
Information
Layanan informasi merupakan model bisnis yang dikembangkan Telkom dalam ranah New Economy Business (NEB). Layanan ini memiliki karakteristik sebagai layanan terintegrasi bagi kemudahan proses kerja dan transaksi yang mencakup Value Added Services (VAS) dan Managed Application/IT Outsourcing (ITO), e-Payment dan IT enabler Services (ITeS).MediaMedia merupakan salah satu model bisnis Telkom yang dikembangkan sebagai bagian dari NEB. Layanan media ini menawarkan Free to Air(FTA) dan Pay TV untuk gaya hidup digital yang modern.
Edutainment
Edutainment menjadi salah satu layanan andalan dalam model bisnis NEB Telkom dengan menargetkan segmen pasar anak muda. Telkom menawarkan beragam layanan di antaranya Ring back tone(RBT), SMS Content, portal dan lain-lain.
Services
Services menjadi salah satu model bisnis Telkom yang berorientasi kepada pelanggan. Ini sejalan dengan Customer Portofolio Telkom kepada pelanggan Personal, Consumer/Home, SME, Enterprise, Wholesale, dan Internasional.Sebagai perusahaan telekomunikasi, Telkom Group terus mengupayakan inovasi di sektor-sektor selain telekomunikasi, serta membangun sinergi di antara seluruh produk, layanan dan solusi, dari bisnis legacy sampai New Wave Business. Untuk meningkatkan business value, pada tahun 2012 Telkom Group mengubah portofolio bisnisnya menjadi TIMES (Telecommunication, Information, Media Edutainment & Service). Untuk menjalankan portofolio bisnisnya, Telkom Group memiliki empat anak perusahaan, yakni PT. Telekomunikasi Indonesia Selular (Telkomsel), PT. Telekomunikasi Indonesia International (Telin), PT. TelkomMetra dan PT. Daya Mitra Telekomunikasi (Mitratel).

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) terus berinovasi dengan melakukan lompatan teknologi dari layanan triple play (memadukan layanan telepon rumah, akses internet kecepatan tinggi, dan Internet Protocol Television/IPTV) menjadi quadraple play (layanan triple play ditambah layanan nirkabel (wireless) baik selular maupun WiFi.

Telkom menyediakan tiga paket layanan alias triple play, tapi nantinya menjadi quadraple play, bahkan kelak harus siap mengembangkan delapan layanan dalam satu paket atau octuple play.

paket quadraple play diberikan melalui layanan IndiHome yang  mendukung sepenuhnya perkembangan gaya hidup dan kebutuhan pelanggan, di mana desain layanan triple play ditambah berbagai fasilitas wifi, selular, digital music, automation selanjutnya menjadii octuple play.di segmen fixed broadband yang mengandalkan akses dengan serat optik, awalnya dikenalkan layanan triple play atau tiga layanan dalam satu paket, yaitu telepon rumah, akses internet kecepatan tinggi dan televisi, khususnya IPTV alias Internet Protocol Television.

Komponen pertama dari layanan Indihome adalah akses internet kecepatan tinggi dengan dukungan jaringan fiber optik. Komponen kedua layanan Indihome adalah televisi, dimana terdapat total 99 channel, termasuk channel favorit seperti BeIN 1, BeIN 2, BeIN 3 untuk penggemar olahraga dan HBO, HBO Hits, Fox Movies Premium untuk penggemar film dan masih banyak lagi.

Komponen ketiga adalah layanan telepon rumah dengan konsep baru yang lebih fleksibel, memberikan manfaat lebih dan hemat bagi pelanggan, di mana pelanggan bebas melakukan panggilan telepon rumah baik lokal maupun interlokal dengan kuota sebanyak 1.000 menit per bulan.

Keempat, layanan telekomunikasi nirkabel seluler yang ditawarkan kepada pelanggan dalam dua jenis layanann yaitu Kartu Halo Telkomsel spesial untuk pelanggan Indihome dan panggilan unlimited dari telepon rumah ke nomor Telkomsel.

Kelima, akses internet wifi di seluruh jaringan Indonesia Wifi atau wifi.id yang kini telah memiliki lebih dari 100.000 access point yang tersebar di seluruh Indonesia. Akses internet unlimited di jaringan wifi.id tersebut dapat dinikmati hanya dengan Rp10.000 per bulan khusus untuk pelanggan IndiHome.
Keenam, adalah layanan digital music bagi pelanggan Indihome juga bebas streaming musik selama 12 bulan dan mendapatkan gratis perlindungan antivirus Trend Micro selama tiga bulan. Streaming musik disediakan oleh Melon (melon.co.id) yang mempunyai lebih dari 10 juta lagu. Bagi pelanggan berminat, tersedia pilihan bebas download secara add on.
Ketujuh, adalah layanan panggilan langsung internasional atau global call. Paket layanan Global Call disediakan dalam lima jenis agar pelanggan bisa memilih sesuai dengan negara tujuan favoritnya masing-masing. Sebagai contoh paket Global 1, dengan negara tujuan USA, Kanada, Tiongkok, Hong Kong, Korea Selatan, cukup dengan Rp 50.000 bisa melakukan panggilan selama 100 menit dalam kurun waktu satu bulan.
Komponen kedelapan dari Indihome adalah home automation, yang dikembangkan untuk memberikan kenyamanan di rumah bagi pelanggan Indihome. Salah satu bentuk layanannya adalah surveillance camera yang berbasis koneksi internet, sehingga bisa dipantau dari berbagi lokasi menggunakan aplikasi mobile.
Visi dan Misi
Visi                              :           ”Be The King of Digital in The Region”
Misi                             :           Lead Indonesian Digital Innovation and Globalization”
Corporate Culture       :            The Telkom Way
Basic Belief                 :           Always The Best
Core Values                :           Solid, Speed, Smart
Key Behaviours           :           Imagine, Focus, Action
Inisiatif Strategis
  1. Pusat keunggulan.
  2. Fokus pada portofolio dengan pertumbuhan atau value yang tinggi.
  3. Percepatan ekspansi internasional.
  4. Transformasi biaya.
  5. Pengembangan IDN (id-Access, id-Ring,id-Con).
  6. Indonesia Digital Solution (IDS) – layanan konvergen pada solusi ekosistem digital.
  7. Indonesia Digital Platform (IDP) –platform enabler untuk pengembangan ekosistem.
  8. Eksekusi sistem pengelolaan anak perusahaan terbaik
  9. Mengelola portofolio melalui BoE dan CRO.
  10. Meningkatkan sinergi di dalam Telkom Group.

Pembicara 2 : Erid Ardian (Telkomsel)
Materi:
PT Telkomsel  merupakan anak perusahaan dari telkom group.Telkomsel sendiri adalah pencipta provider GSM pertama di ASIA,dan merupakan BUMN Indonesia yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh pemerintah Replubik Indonesia
Sekarang telkomsel bukan hanya operaor seluler.melalui inovasinya telkomsel meluncurkan layanan uang elektronik yang dinamai T-Cash.layanan ini dapat menyimpan uang dan menggunakanya di semua transaksi yang sudah bekerjasama dengan telkomsel.dengan adanya layanan ini diharapkan bisa memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi apapun.
Karena inovasinya yang sangat bagus, Telkomsel kini menjadi kartu provider favorit masyarakat Indonesia karena jangkauan yang luas dan mendapatkan kerja sama dari Apple South Asia Ltd untuk meluncurkan iPhone 3G. Sangatlah kita bangga atas kerja keras PT Telkomsel ini sehingga dapat mewakili nama Indonesia memiliki perusahaan telekomunikasi yang terbaik. 
Dokumentasi






BAB 3 
PENUTUP
Kesimpulan
Berdasarkan materi yang di jelaskan Pt.Telkom Indonesia adalah perusahaan milik BUMN yang terus berinovasi dalam setiap teknologinya.
Saran
Kunjungan Studi seperti ini sangat baik dan memberikan motivasi kepada mahasiswa agar berfikir lebih maju dan kreatif.Sebaiknya untuk materi yang disampaikan lebih banyak dan  lebih rinci lagi agar mudah dipahami.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html