Laporan Kunjungan Studi ke Pt.Telkom Indonesia Tegal
MAKALAH
Diajukan untuk memenuhi tugas
Di susun Oleh :
Nadya Rivka Faudzilla (13150954)
Program Studi
Teknik Komputer
Akademi
Manajemen Informatika dan Komputer BSI Tegal
Tegal
2016
Kata pengantar
Puji syukur kehadiat Tuhan Yang Maha Esa
berkat rahmat dan karuniaNya kami bisa menyelesaikan Laporan ini dengan baik
dan tepat waktu.Saya menyadari laporan ini jauh dari sempurna.Maka dari itu
saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak
demi kesempurnaan nya laporan ini.
Berkaitan dengan pembuatan laporan ini
Saya juga mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang membantu dalam
penyusunan laporan ini,
Demikian kata pengantar ini saya buat,
semoga dapat bermanfaat khususnya bagi diri pribadi dan pembaca pada umumnya.
DAFTAR ISI
Bab 1 Pendahuluan
Tujuan
Manfaat
Bab 2 Pelaksanaan
Waktu Pelaksanaan
Rundown Acara
Materi Kunjungan
Dokumentasi
Bab 3 Penutup
Kesimpulan
Saran
BAB 1
PENDAHULUAN
Tujuan
Kegiatan kunjungan studi ini diadakan betujuan untuk
mengenalkan tentang Pt.Telkom kepada Mahasiswa
Manfaat
1.
Diharapkan
dengan adanya kegiatan ini dapat menanmbah wawasan pengetahuan mahasiswa
tentang teknologi yang digunakan di Pt.Telkom.
2.
Dengan diadakannya
Kunjungan studi seperti ini mahasiswa diharapkan dapat berfikir maju,
kreatif, dan efisien
BAB 2
PELAKSANAAN
Waktu Pelaksanaan
Kegiatan ini dilaksanakan pada
hari : Selasa
tanggal : 22 November 2016
waktu : 08.00-selesai
tempat : Kantor Telkom Indonesia Jl.Gajah mada
65 Tegal
Rundown acara
08.00 mahasiswa
datang di kampus AMIK BSI Tegal
08.30 Mahasiswa
mendapatkan pengarahan dari dosen pembimbing
08.30 menuju
Telkom Indonesia
09.00 Sampai
di Telkom Indonesia
09.15 Pembukaan
Acara
Sambutan
–Sambutan
1.Warjiyono
S.kom M.kom (AMIK BSI Tegal)
2.Arif
Setiyabudi (Telkom Indonesia)
09.30 materi
Kunjungan
Pengisi
materi
1.Arif Setiyabudi (Telkom Indonesia)
2.Erid Ardian (Telkomsel)
11.00 Sesi
tanya Jawab
11.30 Penutup
Materi Kunjungan
Pembicara 1 : Arif Setiyabudi ( Telkom Indonesia)
Materi :
Pt.Telekomunikasi Indonesia Tbk atau yang biasa
disebut Telkom Saja adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia
jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia.Telkom mengklaim
sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di indonesia,dengan pelanggan
telepon tetap sebanyak 15 juta dan pelanggan telepon seluler sebanyak 104 juta.
Telkom merupakan salah satu BUMN yang
saham terbesarnya saat ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia.telkom melayanii
jutaan pelanggan di seluruh Indonesia dengan rangkaian layanan telekomunikasi
yang lengkap yang mencakup sambungan kabel tidak bergerak,komunikasi seluler,layanan
jaringan dan interkoneksi serta layanan internet dan komunikasi data.telkom
juga menyediakan berbagai layanan di bidang informasi,media dan edutainment,termasuk cloud-based and server-based dan IT enabler,e-comerce dan layanan portal
lainya.
Berikut
penjelasan portofolio bisnis Telkom :
Telecommunication
Telekomunikasi
merupakan bagian bisnis legacy
Telkom. Sebagai ikon bisnis perusahaan, Telkom melayani sambungan telepon kabel
tidak bergerak Plain Ordinary Telephone
Service (POTS), telepon nirkabel
tidak bergerak, layanan komunikasi data,broadband,satelit,
penyewaan jaringan dan interkoneksi, serta telepon seluler yang dilayani oleh Anak
Perusahaan Telkomsel. Layanan telekomunikasi Telkom telah menjangkau beragam
segmen pasar mulai dari pelanggan individu sampai dengan Usaha Kecil dan
Menengah (UKM) serta korporasi.
Information
Layanan
informasi merupakan model bisnis yang dikembangkan Telkom dalam ranah New Economy Business (NEB). Layanan ini
memiliki karakteristik sebagai layanan terintegrasi bagi kemudahan proses kerja
dan transaksi yang mencakup Value Added
Services (VAS) dan Managed
Application/IT Outsourcing (ITO), e-Payment dan IT enabler Services (ITeS).MediaMedia merupakan salah satu model
bisnis Telkom yang dikembangkan sebagai bagian dari NEB. Layanan media ini
menawarkan Free to Air(FTA) dan Pay TV untuk gaya hidup digital yang
modern.
Edutainment
Edutainment
menjadi salah satu layanan andalan dalam model bisnis NEB Telkom dengan
menargetkan segmen pasar anak muda. Telkom menawarkan beragam layanan di
antaranya Ring back tone(RBT), SMS Content, portal dan lain-lain.
Services
Services
menjadi salah satu model bisnis Telkom yang berorientasi kepada pelanggan. Ini
sejalan dengan Customer Portofolio Telkom kepada pelanggan Personal, Consumer/Home, SME, Enterprise, Wholesale, dan Internasional.Sebagai perusahaan
telekomunikasi, Telkom Group terus mengupayakan inovasi di sektor-sektor selain
telekomunikasi, serta membangun sinergi di antara seluruh produk, layanan dan
solusi, dari bisnis legacy sampai New Wave Business. Untuk meningkatkan
business value, pada tahun 2012 Telkom Group mengubah portofolio bisnisnya
menjadi TIMES (Telecommunication, Information, Media Edutainment &
Service). Untuk menjalankan portofolio bisnisnya, Telkom Group memiliki empat
anak perusahaan, yakni PT. Telekomunikasi Indonesia Selular (Telkomsel), PT.
Telekomunikasi Indonesia International (Telin), PT. TelkomMetra dan PT. Daya
Mitra Telekomunikasi (Mitratel).
PT
Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) terus berinovasi dengan melakukan
lompatan teknologi dari layanan triple
play (memadukan layanan telepon rumah, akses internet kecepatan tinggi, dan
Internet Protocol Television/IPTV) menjadi quadraple play (layanan triple play ditambah layanan nirkabel (wireless) baik selular maupun WiFi.
Telkom menyediakan tiga
paket layanan alias triple play, tapi
nantinya menjadi quadraple play,
bahkan kelak harus siap mengembangkan delapan layanan dalam satu paket atau octuple play.
paket
quadraple play diberikan melalui
layanan IndiHome yang mendukung
sepenuhnya perkembangan gaya hidup dan kebutuhan pelanggan, di mana desain
layanan triple play ditambah berbagai
fasilitas wifi, selular, digital music,
automation selanjutnya menjadii octuple
play.di segmen fixed broadband
yang mengandalkan akses dengan serat optik, awalnya dikenalkan layanan triple play atau tiga layanan dalam satu
paket, yaitu telepon rumah, akses internet kecepatan tinggi dan televisi,
khususnya IPTV alias Internet Protocol Television.
Komponen
pertama dari layanan Indihome adalah akses internet kecepatan tinggi dengan
dukungan jaringan fiber optik. Komponen kedua layanan Indihome adalah televisi,
dimana terdapat total 99 channel, termasuk channel favorit seperti BeIN 1, BeIN
2, BeIN 3 untuk penggemar olahraga dan HBO, HBO Hits, Fox Movies Premium untuk
penggemar film dan masih banyak lagi.
Komponen
ketiga adalah layanan telepon rumah dengan konsep baru yang lebih fleksibel,
memberikan manfaat lebih dan hemat bagi pelanggan, di mana pelanggan bebas
melakukan panggilan telepon rumah baik lokal maupun interlokal dengan kuota
sebanyak 1.000 menit per bulan.
Keempat,
layanan telekomunikasi nirkabel seluler yang ditawarkan kepada pelanggan dalam
dua jenis layanann yaitu Kartu Halo Telkomsel spesial untuk pelanggan Indihome
dan panggilan unlimited dari telepon rumah ke nomor Telkomsel.
Kelima, akses
internet wifi di seluruh jaringan Indonesia Wifi atau wifi.id yang kini telah
memiliki lebih dari 100.000 access point
yang tersebar di seluruh Indonesia. Akses internet unlimited di jaringan
wifi.id tersebut dapat dinikmati hanya dengan Rp10.000 per bulan khusus untuk
pelanggan IndiHome.
Keenam,
adalah layanan digital music bagi
pelanggan Indihome juga bebas streaming musik selama 12 bulan dan mendapatkan
gratis perlindungan antivirus Trend Micro selama tiga bulan. Streaming musik
disediakan oleh Melon (melon.co.id) yang mempunyai lebih dari 10 juta lagu.
Bagi pelanggan berminat, tersedia pilihan bebas download secara add on.
Ketujuh,
adalah layanan panggilan langsung internasional atau global call. Paket layanan
Global Call disediakan dalam lima jenis agar pelanggan bisa memilih sesuai
dengan negara tujuan favoritnya masing-masing. Sebagai contoh paket Global 1,
dengan negara tujuan USA, Kanada, Tiongkok, Hong Kong, Korea Selatan, cukup
dengan Rp 50.000 bisa melakukan panggilan selama 100 menit dalam kurun waktu
satu bulan.
Komponen
kedelapan dari Indihome adalah home
automation, yang dikembangkan untuk memberikan kenyamanan di rumah bagi
pelanggan Indihome. Salah satu bentuk layanannya adalah surveillance camera yang berbasis koneksi internet, sehingga bisa
dipantau dari berbagi lokasi menggunakan aplikasi mobile.
Visi
dan Misi
Visi : ”Be
The King of Digital in The Region”
Misi : “Lead
Indonesian Digital Innovation and Globalization”
Corporate Culture :
The Telkom Way
Basic Belief : Always
The Best
Core Values : Solid,
Speed, Smart
Key Behaviours :
Imagine, Focus, Action
Inisiatif
Strategis
- Pusat keunggulan.
- Fokus pada portofolio dengan pertumbuhan atau value yang tinggi.
- Percepatan ekspansi internasional.
- Transformasi biaya.
- Pengembangan IDN (id-Access, id-Ring,id-Con).
- Indonesia Digital Solution (IDS) – layanan konvergen pada solusi ekosistem digital.
- Indonesia Digital Platform (IDP) –platform enabler untuk pengembangan ekosistem.
- Eksekusi sistem pengelolaan anak perusahaan terbaik
- Mengelola portofolio melalui BoE dan CRO.
- Meningkatkan sinergi di dalam Telkom Group.
Pembicara 2 : Erid Ardian (Telkomsel)
Materi:
PT Telkomsel merupakan anak perusahaan dari telkom
group.Telkomsel sendiri adalah pencipta provider GSM pertama di ASIA,dan
merupakan BUMN Indonesia yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh pemerintah
Replubik Indonesia
Sekarang telkomsel bukan hanya operaor
seluler.melalui inovasinya telkomsel meluncurkan layanan uang elektronik yang
dinamai T-Cash.layanan ini dapat menyimpan uang dan menggunakanya di semua
transaksi yang sudah bekerjasama dengan telkomsel.dengan adanya layanan ini
diharapkan bisa memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi apapun.
Karena inovasinya yang sangat bagus,
Telkomsel kini menjadi kartu provider favorit masyarakat Indonesia karena
jangkauan yang luas dan mendapatkan kerja sama dari Apple South Asia Ltd untuk
meluncurkan iPhone 3G. Sangatlah kita bangga atas kerja keras PT Telkomsel ini
sehingga dapat mewakili nama Indonesia memiliki perusahaan telekomunikasi yang
terbaik.
Dokumentasi
BAB 3
PENUTUP
Kesimpulan
Berdasarkan materi yang di jelaskan Pt.Telkom
Indonesia adalah perusahaan milik BUMN yang terus berinovasi dalam setiap
teknologinya.
Saran
Kunjungan Studi
seperti ini sangat baik dan memberikan motivasi kepada mahasiswa agar berfikir lebih
maju dan kreatif.Sebaiknya untuk materi yang disampaikan lebih banyak dan lebih rinci lagi agar mudah dipahami.
0 komentar:
Posting Komentar